• 11 MAR 14

    Persipura Tak Biasa Main di Rumput Sintetis

    Persipura.

    Persipura Jayapura dihadapkan pada masalah non teknis saat menjalani laga tandang melawan Home United dalam fase grup E AFC Cup 2014. Pertandingan akan dilangsungkan di Jalan Besar Stadium, Selasa (11/3/2014) malam. Jalan Besar Stadium mempunyai lapangan utama sepak bola dengan rumput sintetis. Lapangan ini dinilai membuat sulit skuat Mutiara Hitam, karena mereka tidak terbiasa.

    Terakhir, Persipura Jayapura hanya bermain imbang 1-1 ketika bermain di AFC Cup musim 2011 saat bertandang ke markas East Bengal, Salt Lake Stadium yang juga menggunakan rumput sintetis, pada 10 Mei 2011 silam.

    “Kami akan menjalani momen sulit, terutama karena bermain di lapangan rumput sintetis. Kami tidak terbiasa bermain di posisi seperti ini, tetapi kami datang ke sini untuk meraih kemenangan,” ujar pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Ferreira Tiago seperti dilansir sleague.

    Pria kelahiran Brasil mempunyai pengetahuan mengenai sepak bola Singapura. Sebab, dia pernah bermain di Geylang United FC, yang merupakan rival utama dari Home United pada 1998-1999. Ini menjadi keuntungan bagi Jacksen F. Tiago saat menangani klub Persipura.

    Mutiara Hitam sudah melakukan uji coba lapangan pada Minggu kemarin. Jacksen F. Tiago mengaku, pemain membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

    “Kemarin, kami berlatih di sini. Kami membutuhkan adaptasi dengan kondisi lapangan. Saya lebih senang bermain di Bishan, tetapi bertanding di Jalan Besar tidak masalah,” tutur mantan pelatih timnas Indonesia.

    Tidak hanya Persipura, tim-tim Indonesia juga memiliki rekor buruk saat bermain di lapangan yang terbuat dari rumput sintetis. Musim lalu, Semen Padang berhasil menjungkalkan Warriors FC di Stadion Jalan Besar dengan skor 2-0 di fase grup.

    Namun, ketika berhadapan dengan East Bengal, mereka harus tersingkir karena kalah tipis dengan skor 0-1. Ketika itu mereka bermain di Salt Lake Stadium.

    (Tribun)